JAWABAN SOAL UTS METODE KUANTITATIF DAN STATISTIK
JAWABAN :
1. Analisis
data angka kuantitatif memerlukan statistik, mengapa demikian?
Jawab :
Statistika
adalah pengetahuan tentang cara pengumpulan data,
penyajian data, pengolahan atau analisis data, dan penarikan kesimpulan
berdasarkan kumpulan data dan analisis yang dilakukan.
Relevansinya
dengan data angka kuantitatif tentunya statistik ini sangat besar pesarannya
dalam sebuah penelitian yang berbasis kuantitatif yang mana dalam pengumpulan data, penyajian data, pengolahan atau
analisis data, dan penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan analisis
yang dilakukan secara
sistematis dan objektif berdasarkan data empiris. Selain itu juga dalam
penyajiannya dikonversi kedalam bentuk angka sehingga bisa lebih difahami dan
dimengerti oleh pembaca.
Jelaskan
pendapat Anda, mengapa perlu statistik dalam penelitian?
Jawab :
Statistik sangat perlu dalam penelitian terutama dalam Penentuan
Sampel Penelitian, Pengembangan Alat Pengambilan data, Menyajikan data dan
Analisis Data atau Menguji Hipotesis sehingga dapat menghasilkan kesimpulan
guna sebagai bahan pengambilan keputusan.
2. Bedakan Antara statistik desktiptif dan
statistik inferensial !
Jawab :
Perbedaan statistik deskriptif dan
statistik inferensial terletak pada tujuan, proses analisis, hingga penyajian
hasil analisis.
Perbedaan pertama adalah
tujuan dilakukannya analisis statistik. Statistik deskriptif bertujuan untuk
menjelaskan karakter data yang sudah diketahui. Sedangkan statistik inferensi
bertujuan mengambil kesimpulan mengenai suatu populasi lewat analisis sampel.
Perbedaan kedua adalah
dalam proses pengolahan data. Analisis deskriptif menggunakan metode yang
relatif sederhana, seperti rata-rata dan varian, sedangkan analisis inferensi
menggunakan metode lebih rumit, seperti membandingkan data dan membuat prediksi
sehingga tak semua orang bisa menggunakannya.
Perbedaan ketiga dari
keduanya adalah cara menyajikan hasil akhir. Karena berguna untuk menggambarkan
situasi tertentu, statistik deskriptif menyajikan hasil analisisnya sebagai
tabel dan grafik. Berbeda dengan statistik inferensi yang menyajikan hasil
akhirnya dalam bentuk probabilitas karena bertujuan untuk menjelaskan
kemungkinan.
3. Jelaskan pembagian data berdasarkan cara
mendapatkannya dan menurut waktu pengumpulannya. Apa syarat data yang baik itu?
Jelaskan !
Jawab :
a)
Berdasarkan cara memperolehnya, data terbagi menjadi dua,
yaitu data primer dan data sekunder.
Data Primer
Data primer adalah data yang diperoleh
seorang peneliti langsung dari objeknya. Seperti misalnya data hasil wawancara
peneliti.
Data Sekunder
Data sekunder adalah data yang diperoleh
seorang peneliti secara tidak langsung dari objeknya, tetapi melalui sumber
lain, baik lisan maupun tertulis. Seperti misalnya data yang diperoleh dari
perpustakaan, dokumen penelitian terdahulu, dan lain-lain.
b) Jenis
Data Berdasarkan Waktu Pengumpulannya
ü Cross-sectional data
merupakan data yang dikumpulkan dalam waktu tertentu yang sama atau hampir sama
yang kemudian akan digabungkan dengan data terkait dan dibandingkan. Contohnya
seperti data hasil ujian yang diperoleh oleh siswa setelah ujian dilaksanakan
atau jumlah mahasiswa di suatu universitas untuk periode tahun ajaran 2013/2014.
ü Sedangkan time series data
merupakan data yang dikumpulkan dalam kurun waktu atau periode tertentu dimana
kurun waktu atau periode tersebut perlu didefinisikan. Contohnya seperti
perolehan nilai mata kuliah oleh mahasiswa dalam satu semester, kenaikan harga
BBM dalam kurun waktu tertentu, dan sebagainya.
c) Syarat data yang baik diantaranya adalah :
1.
Data harus objektif atau sesuai dengan keadaan yang
sebenarnya.
2.
Data harus representatif atau mewakili.
3.
Data harus relevan dengan masalah yang dipecahkan.
4.
Data harus up to date.
4. Apa yang dimaksud dengan uji validitas dan reliabilitas?
Kapan uji ini dilakukan ?
Uji validitas dilakukan untuk mengetahui apakah
alat ukur tersebut valid, valid artinya tepat mengukur atau alat ukur tersebut
tepat untuk mengukur sebuah variabel yang akan diukur. Sedangkan reliabilitas
adalah ketepatan alat ukur, alat ukur yang digunakan saat ini pada waktu dan
tempat tertentu akan sama bila digunakan pada waktu dan tempat yang berbeda
(Riwidikdok 2010).
Uji reliabilitas dilakukan agar diperoleh
instrumen yang reliabel dalam artian harus memiliki tingkat konsistensi dan
kemantapan. Intrumen yang reliabel bila digunakan beberapa kali untuk mengukur
hal yang sama akan menghasilkan data yang sama.
Uji validitas dan reliabilitas dilakukan sebelum
penelitian dilaksanakan agar diperoleh item-item pertanyaan yag valid dan
konsisten. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan pada 30 responden.
5. Jelaskan yang dimaksud dengan :
a. Median
Median menentukan letak tengah data setelah data disusun menurut
urutan nilainya. Bisa juga nilai tengah
dari data-data yang terurut. Simbol untuk median adalah Me. Dengan median Me, maka 50% dari banyak data
nilainya paling tinggi sama dengan Me, dan 50% dari banyak data nilainya paling
rendah sama dengan Me. Dalam mencari
median, dibedakan untuk banyak data
ganjil dan banyak data genap. Untuk
banyak data ganjil, setelah data disusun menurut nilainya, maka median
Me adalah data yang terletak tepat di tengah.
b. Mean
Mean adalah nilai rata-rata dari
beberapa buah data. Nilai mean dapat ditentukan dengan membagi jumlah data
dengan banyaknya data.
Mean (rata-rata) merupakan suatu ukuran pemusatan data. Mean
suatu data juga merupakan statistik karena mampu menggambarkan bahwa data
tersebut berada pada kisaran mean data tersebut. Mean tidak dapat digunakan
sebagai ukuran pemusatan untuk jenis data nominal dan ordinal.
c. Modus
Modus adalah nilai yang sering muncul. Jika kita tertarik pada data
frekuensi, jumlah dari suatu nilai dari kumpulan data, maka kita menggunakan
modus. Modus sangat baik bila digunakan untuk data yang memiliki sekala
kategorik yaitu nominal atau ordinal.
Sedangkan data ordinal adalah data kategorik yang bisa diurutkan,
misalnya kita menanyakan kepada 100 orang tentang kebiasaan untuk mencuci kaki
sebelum tidur, dengan pilihan jawaban: selalu (5), sering (4),
kadang-kadang(3), jarang (2), tidak pernah (1). Apabila kita ingin melihat
ukuran pemusatannya lebih baik menggunakan modus yaitu yaitu jawaban yang
paling banyak dipilih, misalnya sering (2). Berarti sebagian besar orang dari
100 orang yang ditanyakan menjawab sering mencuci kaki sebelum tidur.
d. Standar deviasi
Standar Deviasi dan Varians Salah satu teknik statistik yg
digunakan untuk menjelaskan homogenitas kelompok. Varians merupakan jumlah
kuadrat semua deviasi nilai-nilai individual thd rata-rata kelompok. Sedangkan
akar dari varians disebut dengan standar deviasi atau simpangan baku.
Standar Deviasi dan Varians Simpangan baku merupakan variasi
sebaran data. Semakin kecil nilai sebarannya berarti variasi nilai data makin
sama Jika sebarannya bernilai 0, maka nilai semua datanya adalah sama. Semakin
besar nilai sebarannya berarti data semakin bervariasi.
e. Standar error of estimate
Standar error of estimate yaitu standar
deviasi di sekitar garis estimasi regresi yang mengukur variabilitas nilai Y
aktual dari Y prediksi, disimbolkan dengan SYX. Kesalahan prediksi dalam
regresi biasanya disebut dengan error term atau residual.
Meskipun metode kuadrat-terkecil (OLS) menghasilkan garis estimasi
dengan jumlah variasi minimum (kecuali jika koefisien determinasi r2=1)
persamaan regresi bukanlah prediktor yang sempurna. Setiap estimasi menggunakan
regresi OLS pasti mengandung kesalahan prediksi atau error term.
6. Pada
suatu kelas berisi 76 siswa, didapat nilai untuk ujian akhir sebagai berikut:
60, 50,
60, 75, 60, 55, 80, 60, 50, 90, 50, 65, 70, 80, 70, 40, 50, 60, 45, 45,
40, 45,
60, 70, 70, 80, 90, 80, 75, 60, 50, 45, 40, 50, 60, 80, 60, 60, 70, 40,
75, 70, 80, 70, 60, 50, 60, 70, 85, 85, 60, 50, 45, 50, 60, 70, 70,
80, 90, 85, 60, 80, 60, 50, 70, 60, 70, 60, 80, 60, 75, 60, 50, 50, 60, 65.
Carilah :
a. Rentang
kelas dan banyaknya kelas interval
b. Nilai
tengah dan standar deviasinya
c. Susunlah
tabel distribusi frekuensi
Jawab :
Data Asli |
|||||
Nilai |
Frekuensi |
Keterangan |
Rumus |
Hasil |
|
40 |
4 |
Max |
= max |
90 |
|
45 |
5 |
Min |
= min |
40 |
|
50 |
12 |
Banyak Data |
|
76 |
|
55 |
1 |
Range / jangkauan |
= max-min |
50 |
|
60 |
21 |
K (Banyak Kelas) |
= 1+(3,3*log(76))) |
8 |
|
65 |
2 |
P (Rentang Kelas) |
= range / K |
7 |
|
70 |
12 |
Standar Deviasi |
= STDEV |
13,4 |
|
75 |
4 |
||||
80 |
9 |
||||
85 |
3 |
||||
90 |
3 |
||||
∑ |
76 |
Data Asli |
|||||
60 |
80 |
55 |
70 |
50 |
45 |
40 |
60 |
80 |
60 |
50 |
50 |
75 |
75 |
50 |
50 |
60 |
80 |
60 |
70 |
60 |
75 |
75 |
50 |
50 |
70 |
80 |
85 |
65 |
50 |
45 |
50 |
90 |
80 |
45 |
50 |
70 |
60 |
60 |
90 |
50 |
70 |
80 |
70 |
70 |
60 |
60 |
60 |
60 |
60 |
60 |
85 |
70 |
60 |
60 |
70 |
80 |
60 |
40 |
60 |
40 |
50 |
60 |
90 |
||
80 |
60 |
80 |
45 |
||
70 |
70 |
45 |
40 |
||
65 |
60 |
70 |
85 |
Distribusi Frekuensi |
|||||
Kelas |
Turus |
Frekuensi |
NT |
BB |
BA |
40-46 |
IIIIIIIII |
9 |
43 |
39,5 |
46,5 |
47-53 |
IIIIIIIIIIII |
12 |
50 |
46,5 |
53,5 |
54-60 |
IIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII |
22 |
57 |
53,5 |
60,5 |
61-67 |
II |
2 |
64 |
60,5 |
67,5 |
68-74 |
IIIIIIIIIIII |
12 |
71 |
67,5 |
74,5 |
75-81 |
IIIIIIIIIIIII |
13 |
78 |
74,5 |
81,5 |
82-88 |
III |
3 |
85 |
81,5 |
88,5 |
89-95 |
III |
3 |
92 |
88,5 |
95,5 |
∑ |
76 |
76 |
7. Data
hasil penelitian terhadap sampel sebanyak 15 orang responden sebanyak 6 butir
kuesioner dari variable Lingkungan Kerja
adalah sebagai berikut :
NO |
Lingkungan Kerja |
rata-rata |
||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
TOTAL |
||
1 |
5 |
3 |
3 |
3 |
4 |
5 |
23 |
3,83 |
2 |
4 |
3 |
4 |
4 |
4 |
3 |
22 |
3,67 |
3 |
2 |
2 |
2 |
3 |
2 |
2 |
13 |
2,17 |
4 |
5 |
4 |
5 |
5 |
4 |
4 |
27 |
4,50 |
5 |
4 |
5 |
4 |
5 |
5 |
3 |
26 |
4,33 |
6 |
5 |
4 |
4 |
4 |
4 |
5 |
26 |
4,33 |
7 |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
18 |
3,00 |
8 |
3 |
4 |
4 |
3 |
5 |
3 |
22 |
3,67 |
9 |
5 |
4 |
5 |
4 |
3 |
5 |
26 |
4,33 |
10 |
3 |
4 |
3 |
4 |
5 |
3 |
22 |
3,67 |
11 |
5 |
5 |
5 |
4 |
3 |
5 |
27 |
4,50 |
12 |
4 |
3 |
4 |
5 |
5 |
5 |
26 |
4,33 |
13 |
3 |
5 |
4 |
3 |
4 |
4 |
23 |
3,83 |
14 |
4 |
3 |
3 |
3 |
4 |
4 |
21 |
3,50 |
15 |
3 |
5 |
3 |
5 |
5 |
4 |
25 |
4,17 |
Kriteria Penilaian Kondisi Setiap Variabel
Rentang
Skala |
Kriteria
|
4,24 –
5,00 3,43 –
4,23 2,62 –
3,42 1,81 –
2,61 1,00 –
1,80 |
Sangat
Baik/Sangat Tinggi Baik/Tinggi
Cukup Tidak
Baik/Rendah Sangat Tidak Baik/Sangat Rendah |
Ditanyakan
:
a.
Mean skor tanggapan responden di setiap
butir kuesioner
b.
Cari proporsi (persentasi) dari setiap
butir kuesioner
c. Apa
kualifikasi setiap butir kuesioner dan kualifikasi keseluruhan variabel
Lingkungan Kerja berdasarkan kriteria penilaian kondisi setiap variable
Jawab :
NO |
Lingkungan Kerja |
Rata-rata |
Kriteria |
||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
Total |
|||
1 |
5 |
3 |
3 |
3 |
4 |
5 |
23 |
3,83 |
Baik/Tinggi |
2 |
4 |
3 |
4 |
4 |
4 |
3 |
22 |
3,67 |
Baik/Tinggi |
3 |
2 |
2 |
2 |
3 |
2 |
2 |
13 |
2,17 |
Cukup |
4 |
5 |
4 |
5 |
5 |
4 |
4 |
27 |
4,50 |
Sangat
Baik/Sangat Tinggi |
5 |
4 |
5 |
4 |
5 |
5 |
3 |
26 |
4,33 |
Sangat
Baik/Sangat Tinggi |
6 |
5 |
4 |
4 |
4 |
4 |
5 |
26 |
4,33 |
Sangat
Baik/Sangat Tinggi |
7 |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
18 |
3,00 |
Cukup |
8 |
3 |
4 |
4 |
3 |
5 |
3 |
22 |
3,67 |
Baik/Tinggi
|
9 |
5 |
4 |
5 |
4 |
3 |
5 |
26 |
4,33 |
Sangat
Baik/Sangat Tinggi |
10 |
3 |
4 |
3 |
4 |
5 |
3 |
22 |
3,67 |
Baik/Tinggi |
11 |
5 |
5 |
5 |
4 |
3 |
5 |
27 |
4,50 |
Sangat
Baik/Sangat Tinggi |
12 |
4 |
3 |
4 |
5 |
5 |
5 |
26 |
4,33 |
Sangat
Baik/Sangat Tinggi |
13 |
3 |
5 |
4 |
3 |
4 |
4 |
23 |
3,83 |
Baik/Tinggi |
14 |
4 |
3 |
3 |
3 |
4 |
4 |
21 |
3,50 |
Baik/Tinggi |
15 |
3 |
5 |
3 |
5 |
5 |
4 |
25 |
4,17 |
Baik/Tinggi |
Jumlah |
58 |
57 |
56 |
58 |
60 |
58 |
|
||
mean |
3,87 |
3,80 |
3,73 |
3,87 |
4,00 |
3,87 |
Komentar
Posting Komentar