Materi Ajar Pramuka Tingkat Penggalang


Materi Ajar Pramuka Tingkat Penggalang

Materi Pramuka.
Materi               : Sinyal Aba-aba dan bentuk barisan.
Tujuan             : siswa dapat mengetahui bentuk sinyal aba-aba dan bentuk barisan dengan benar.
Aba-aba adalah perintah yang diberikan oleh seorang pemimpin kepada tim untuk dilaksanakan pada waktunya secara serentak atau berturut-turut.
Ø   Macam aba-aba:
1.   Aba-aba petunjuk. Contoh: untuk perhatian ... istirahat ditempat..gerak.
2.   Aba-aba peringatan. Contoh: lencang kanan ... gerak, istirahat di tempat ... gerak, hitung ... mulai, maju ..... jalan.
3.   Aba-aba pelaksanaan.
- Jalan ditempat ..... gerak
- Siap ....................... gerak
- Hormat kanan ..... .gerak
- Dua langkah kedepan .... jalan.
- Hitung ........ mulai.

Ø   Tugas regu: setiap anggota regu secara bergiliran menjadi pemimpin barisan dan memberi aba-aba kepada timnya, gunakanlah suara keras, lantang dan jelas untuk memberikan aba-aba.

Aba-aba dengan isyarat tangan.
1. Berkumpul.
2. Bersiap.
3. Istirahat.
4. Maju jalan.
5. Berjongkok
6. Berdiri
7. Berpencar
8. Bubar

Tugas: setiap regu membentuk barisan, satu orang anggota yang ditunjuk menjadi pratama mempraktikan aba-aba dengan isyarat tangan dan setiap regu harus mengerjakan sinyal yang diberikan oleh pratama. Bagi regu yang salah dalam menjalankan sinyal dihukum dengan bernyanyi di depan pratama. (Setiap regu harus berani tampil, konsentrasi, percaya diri dan kerja sama regu lebih diutamakan)

Ø   Macam-macam bentuk barisan.
1. Berbanjar
2. Angkare
3. Lingkaran besar
4. Lingkaran kecil
5. Setengah lingkaran
6. Selat balik
7. Roda
8. bersap

Ø   Tugas praktik:
Pratama tampil didepan barisan, setiap regu membentuk barisan secara berbanjar dengan kepala regu berada di depan barisan. Pratama memberi aba-aba dalam sinyal gerak macam-macam bentuk barisan, setiap regu harus mengikuti sinyal yang diberikan oleh pratama, bagi regu yang salah dalam menerima sinyal maupun anggota regu yang terpencar dari regunya akan dikenakan hukuman jalan jongkok atau yang lainnya. (Semua regu berada dalam posisi satu barisan penuh dan tidak terpisah-pisah, indikator penilaian adalah pada kekompakan regu, konsentrasi, dan bentuk barisan yang benar)
Materi Pramuka                 : PBB dengan tongkat penggalang.
Tujuan                                : siswa dapat melakukan praktik baris berbaris dengan baik dan menggunakan tongkat secara benar.

Materi:
Dengan menggunakan tongkat, penggalang diajarkan untuk melakukan perintah:
- Posisi siap
- Istirahat di tempat
- Hadap kanan, hadap kiri, balik kanan.
- Langkah tegak maju.
- Hormat bendera dan hormat kepada sesama anggota pramuka.

Kegiatan praktik: setiap kepala regu dilatih PBB dengan tongkat, setelah ketua regu menguasai, lalu kepala regu mengajarkannya kepada anggotanya.
Jika dirasa waktunya sudah cukup maka semua regu dikumpulkan dan melakukan PBB dengan tongkat secara bersama-sama.
** Penilaian dilakukan pada sikap disiplin tiap regu, sikap saling menghargai antar anggota, kerja sama regu dan keaktifan regu.

Materi Pramuka: Mengenal arah mata angin dan menggunakan kompas
Tujuan: siswa dapat mengenal arah mata angin dan untuk mencari jalan agar tidak tersesat.
Kompas adalah alat untuk menentukan arah mata angin.
Membuat kompas sederhana.
Siswa membuat Kompas sederhana dengan menggunakan jarum, benang, dan kain sutera. Caranya: jarum di gosokan pada Kain Sutera searah, lalu diikatkan pada benang.
** bagian ujung jarum akan menunjukan arah utara dan selatan menurut daerah   kutub.
Kegiatan Praktik:
1. Ada sebuah benda yang disembunyikan didalam sebuah tempat atau lokasi,
  tugas mu adalah mencari benda tersebut.
2. Kunci untuk menemukan benda tersebut adalah:
- Berjalanlah ke sebuah pohon dekat tiang basket, gunakan kompas mu untuk
  menemukan arah utara atau selatan.
- Dari arah utara berbalik arahlah 90® ke arah timur, lalu ke arah tenggara. carilah
  benda yang sangat berguna bagi manusia, benda tersebut jika dilestarikan dapat  
  mencegah terjadinya bencana banjir.
- Dari benda itu, bidiklah lurus ke arah barat laut, temukanlah tiang yang berguna
  sebagai singgasana dari pusaka negriku.
- Indikator kedua berada lima langkah ke arah barat daya.
- Berjalanlah ke arah utara dari indikator kedua sampai pada sumber oksigen dari
  sekolahmu, benda yang kamu cari berada 180 ® dari arah tempat mu berdiri.

   Materi Pramuka: Kode Morse, dan sandi A = Z
Tujuan:
- siswa dapat menggunakan kode morse dan mengirim pesan menggunakan kode
  morse.
- siswa dapat menggunakan sandi kotak dan mengirim pesan menggunakan sandi
  kotak.
- siswa dapat menggunakan sandi A = Z dan mengunakan sandi tesebut untuk
  mengirim pesan.
Sandi Morse.

Kode morse.
Sinyal morse dicipatakan pada tahun 1837 oleh seorang bangsa Amerika bernama Samuel Finky Morse, kode morse dahulu digunakan untuk mengirim pesan dengan alat telegraph.

Pelaksanaan morse.
Pelaksanaan morse bisa dilakukan dengan tulisan, suara, asap, sinar, pesawat telegraph dan bendera.

Huruf morse:
A: .- G: -. M: - S: ...
B: -... H: .... N: -. T: -
C: -.-. I: .. O: --- U: ..-
D: - .. J: .--- P: .--. V: ...-
E:. k: -.- Q: --.- W: .--
F: ..-. L: .- .. R: .-. X: -..-
Angka:
1: .---- 6: -....
2: ..--- 7: --...
3: ...--- 8: ---. .
4: ....- 9: ----.
5: ..... 10: ----
Titik: .....
Koma:.-.-.
Tanda tanya: ..- ..
Contoh penulisan:
TOMATMERAH: - / --- / - / .- / - / - /. / .-. / .- / .... /
Kegiatan praktik: setiap regu diberikan kalimat rahasia, kalimat tersebut harus ditulis dalam bentuk kode morse. Setelah kalimat rahasia ditulis dalam kode morse maka masing-masing kalimat rahasia tersebut ditukarkan dengan regu lain, dan regu yang mendapat kode morse dari regu lain harus menerjemahkan pesan rahasia apa yang dia dapatkan. Regu yang selesai lebih dahulu dan benar diberikan jabatan regu pemenang.
Kata rahasia:
1. Jangan lewati jalan beraspal, jalan lurus.
2. Merunduklah karena ada musuh didepan.
3. Tetap bersama meskipun ada banyak rintangan
4. Lari yang kencang jangan menoleh ke belakang.
5. Istirahatlah dibawah pohon besar dekat tugu.

II. Sandi A = Z



Kode sandi:
ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTU VWX YZ
ZYXWVUTSRQPONMLKJIHGF EDC BA

** jika akan menulis huruf "A" yang yang ditulis adalah huruf "Z"
Contoh: "bakso" tulisannya menjadi: "yzphl"

Tugas praktik:
Permainan mencari harta karun:
1. Mulailah dari suatu bangunan besar tempat aku dan teman-teman ku memulai hari untuk masuk menimba ilmu, carilah dalam sebuah wadah tempat pohon petunjuk kedua.
2. Carilah benda yang paling besar tempat karbondioksida di serap.
3. Mundurlah tiga langkah kebelakang dari tempatku dan berjalanlah lurus menghadap ke barat sampai pada tiang bendera, carilah aku pada pohon kecil disebelah kirimu.
4. Temukanlah aku pada bak besar tempat hewan bernapas dengan insang.

(kalimat ditulis menggunakan sandi A = Z, dipadukan dengan sandi Morse, menggunakan potongan kertas dan ditempatkan pada gerbang, pot dekat gerbang, pohon mangga, dan taman disebelah kiri tiang bendera, harta karun dapat berupa permen untuk satu regu)

Materi Pramuka: Sinyal Semaphore
Tujuan: siswa dapat mempraktekkan penggunaan sandi Semaphore dan mengirim pesan menggunakan sandi Semaphore.
Semaphore adalah suatu cara untuk mengirim dan menerima berita dengan mempergunakan dua bendera. Dimana masing-masing bendera tersebut berukuran 45x45cm, dan warna yang sering digunakan adalah merah dan kuning.
Mengirim dan menerima berita dengan Semaphore hanya dapat dilakukan pada jarak 200M atau sejauh yang dapat dipandang mata.
Cara mengirim dan menerima berita:
1. Usahakan untuk mengirim atau menerima berita berada di tempat yang terang.
2. Untuk pengirim sebaiknya dilakukan oleh dua orang atau tiga orang, satu sebagai pengirim sinyal, satu sebagai pembaca sinyal dan satu lagi sebagai pembawa kunci kode sinyal jika belum hafal
3. Sikap pengirim tegak, dan dua orang lainnya jongkok tanpa menghalangi si pengirim.
4. Sebelum mengirim berita, kirim perhatian kepada si penerima. Jika siap penerima menjawab dengan "K"
5. Kirimkan hurufperhuruf dari tiap kata.
6. Untuk menyatakan kata telah selesai dipakai tanda bendera dipegang bersilang kebawah dan juga digunakan kalau ada huruf kembar.
7. Jika tiap kata diterima dengan baik penerima menyatakan dengan mengirim huruf "C"
8. Bila pengirim menghendaki membuat angka. Maka lebih dahulu harus memberi tanda A sesudah itu baru membuat angkanya.
9. Jika penerima menghendaki supaya kiriman terakhir di ulangi kirimkan ke pengirim "INI" dirangkai.
10. Jika pengirim membuat kekeliruan kirimkan huruf "E" delapan kali.
11. Berita selesai dinyatakan dengan huruf "A" tunggulah si penerima mengirim huruf "R" artinya ia telah menerima dengan baik.

Bentuk gerakan Semaphore:
Kegiatan praktik: tiap regu diberi tugas untuk menyampaikan suatu pesan kepada regunya masing-masing, sebelum menyampaikan pesan setiap regu mengutus tiga orang anggotanya menjadi pengirim berita dan sisanya menjadi penerima berita. Baik pengirim maupun penerima pesan, harus memegang bendera sandi Semaphore.
Pesan yang disampaikan:
1. Waspadalah tetap siaga.
2. Jangan menyerah dulu.
3. Kita tetap semangat
4. Kami siap membantu
5. Besok kita kemah

Materi Pramuka: tali temali dan simpul
Tujuan: siswa dapat mempraktikan simpul, cara mengikat, dan membuat benda dari tongkat dan tali.

Kegiatan praktik:
1. Buatlah tiang bendera dengan menggunakan dua buah tongkat.
2. Buatlah sebuah tandu
3. Buatlah sebuah menara dengan tongkat.

Materi Pramuka: Membuat gambar Panorama dan pelaporan hasil Pengamatan.
Tujuan: siswa dapat membuat gambar panorama lokasi yang dia lewati atau kunjungi dan menceritakan gambar yang dia buat.
Sketsa panorama:
Panorama artinya pemandangan alam. sketsa panorama adalah menggambar pemandangan alam, yang kita gambar hanyalah garis besarnya saja atau sketsa.
Alat dan bahan:
1. Kertas gambar.
2. Kompas
3. Penggaris dan busur
4. Pensil dan penghapus
5. Alat bidik (kotak korek api)
6. Meja dada
Cara pembuatan:
1. Carilah arah yang telah ditentukan dengan kompas.
2. Bidik obyek pemandangan yang akan di skets
3. Semua yang kita lihat dari alat bidik kiat pindahkan ke dalam kertas gambar (yaitu semua bendayang tidak bergerak)
4. Ingat menggambar panorama bukan melukis, jadi gambar dulu ada atau garis gambar yang terlihat tipis-tipis saja.
5. Setelah selesai melukis mulailah mengarsir dari yang terdekat sampai dari yang terjauh.
6. Keterangan masing-masing benda tertulis bingkai
7. Tiap benda diarsir dengan garis yang berbeda-beda.
8. Untuk benda yang dekat garisnya tebal, makin jauh makin tipis.
9. Tulislah deskripsi umum. Seperti:
- Nama daerah yang digambar.
- Arah yang dilihat
- Kondisi cuaca
- Waktu pembuatan
- Siapa pembuatnya
CONTOH:
Keterangan gambar:
1. Gunung
2. Sawah
3. Pohon
4. Jalan
5. Gubug
6. Semak

Keterangan pembuatan:
Panorama Pegunungan
Dibuat di desa Limpung
Dibuat oleh regu rajawali
Keterangan cuaca, cuaca cerah
Waktu: Jumat 18 Desember 2009 pukul 15.00 wib
Arah mata angin: timur
Tugas praktik:
Buatlah gambar panorama dari:
- Bandar sekolahmu (3600)
- jalan didepan sekolahmu (450)
- Sebelah barat (2250)
- Kebun dan parkiran sekolahmu. (1800

Materi Pramuka: Membuat Peta Perjalanan.
Alat-alat:
- Kertas gambar
- Alat tulis
- Meja dada
- Kompas
Petunjuk pembuatan peta perjalanan.
1. Jarak pada peta perjalanan diskalakan. Contoh: setiap 100m diatas tanah menjadi 10cm diatas kertas.
Jadi 10cm : 100cm
10cm: 10.000cm
1: 1000
2. Titik sasaran harus ditetapkan sebelum bergerak.
3. Mulailah membuat peta perjalanan ditengah kertas dan tandailah tempat awal dengan huruf A kemudian ketempat kedua dengan huruf B, dan seterusnya.
4. Hitung (taksir) jarak yang ditempuh dan rubahlah kedalam skala.
5. Cantumkan tanda peta Topografi
6. Arah utara selalu diatas.

Tugas praktik: kerjakan secara beregu.
Jika kamu pernah berjalan-jalan di sekitar lingkungan sekolahmu, maka buatlah peta perjalanan dari posisi sekolahmu, dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Buatlah ukuran skalanya (ukuran panjang dan lebar jalan di perkirakan)
2. Gambarlah simbol benda atau tempat yang ada di dalam lokasi, misalnya pohon, gedung, rumah sakit, sekolah atau telpon umum.
3. Presentasikan peta perjalanan yang kamu buat

Materi Pramuka: P3K
Tujuan PPPK:
1. Meringankan penderitaan si korban.
2. Mencegah pendarahan dan infeksi
3. Mncegah bahaya cacat dan kematian
I. Menghentikan pendarahan.
- Menggunakan jari tangan yaitu menekan pembuluh darah yang terdekat antara luka dengan jantung.
- Menggunakan pembalut tekan
- Menggunakan tournikuet (bbat putar) hanya pada pendarahan tertentu yang besar yang membahayakan jiwa korban.
Pembalut.
Penggunaan perban pada luka.
** Cara menutup luka didada dengan menggunakan mitella.

** cara menutup luka pada lutut atau siku

** Cara menutup luka pada bagian tungkai bawah atau betis

** cara menggantung tangan ketika ada luka dan pembalutan dilengan.

jendela.
Adalah alat yang dapat dipergunakan untuk mempertahankan posisi tulang yang patah atau retak.
Tujuannya: untuk mencegah pergerakan tulang yang patah, agar tidak menjadi bertambah parah, juga untuk mengurangi rasa sakit.
Bahan yang digunakan untuk jendela:
1. Papan, bilah bambu atau dahan kayu.
2. Karton atau majalah yang agak tebal.
3. Bantal, guling atau selimut.
Contoh-contoh pembidaian:

Gejala patah tulang:
1. Anggota tubuh yang patah tidak dapat digerakkan.
2. Timbul pembengkakan
3. Membengkak dan warna kulit kebiru-biruan
4. Berderak-derik
5. Demam dan rasa nyeri yang hebat
Pertolongan pertama yang dapat dikerjakan.
1. Hentikan perdarahan dengan perban
2. Tutuplah luka dengan perban yang steril
3. Kerjakan pembidaian yang memenuhi syarat. Lalu anggota yang patah ditinggikan. Segeralah bawa kerumah sakit terdekat.

Tugas praktik:
- Jika seandainya ada dua orang temanmu yang mendapat suatu kecelakaan jatuh dari sebuah jurang, satu orang teman mu menderita patah kaki dan kepalanya mendapat pendarahan hebat sedangkan yang satu lagi kakinya digigit ular dan tangannya patah. Demonstrasikanlah bagaimana caranya kamu memberi pertolongan pertama pada temanmu. Saat kejadian itu kamu hanya memiliki tongkat, tali, dan kacu serta beberapa potongan kayu, padahal kamu harus mengevakuasi temanmu menuju rumah sakit yang terdekat.
- Carilah nomor telepon penting yang dapat dihubungi bila ada bahaya.
Materi Pramuka: Kim lihat, Kim dengar, Kim Bau, dan Kim Raba.
1. Kim lihat.
Tujuan: melatih indera penglihatan dan pengamatan tentang suatu kondisi atau keadaan suatu tempat atau lokasi.
Tiap regu diberi tugas untuk mengamati suasana jalan raya didepan sekolah, di sebuah ruang, dan di ruang kantor, tiap regu di berikan waktu 30 detik untuk mengamati .
Buatlah deskripsi dari apa yang dilihat. (Semakin banyak benda yang kamu sebutkan semakin bagus nilai yang kamu dapat). Tiap regu lalu mempresentasikan tugas nya masing-masing, perhatikan apa saja yang kamu lihat namun tidak dilihat oleh regu lain.
2. Kim dengar.
Tujuan: Melatih indera pendengaran dan konsentrasi.
Kegiatan praktik:
Salah seorang anggota regu bertugas untuk menghafal dan mengingat suara masing-masing teman regunya. Setelah selesai matanya lalu ditutup dengan sebuah selendang, lalu setiap anggota yang lain mengeluarkan suara secara bergiliran. Tebaklah suara siapa itu?

3. Kim sentuh.
Tujuan: Melatih indera sentuhan.
Kegiatan praktik:
Setiap regu yang terdiri dari sepuluh orang dibawa pada sebuah ruang yang sebelumnya sudah dipersiapkan, semua anggota regu masuk dengan mata ditutup oleh selendang. Sentuhlah tiap benda yang ada di ruang tersebut, lalu tebaklah apa yang kamu sentuh dalam sebuah laporan ganda. Setiap regu tidak bisa kerja sama. Lihatlah seberapa besar respon sentuhmu untuk merasakan benda apa yang kamu pegang.
4. Kim Bau.
Tujuan: untuk melatih indera penciuman.
Kegiatan praktik:
Setiap anggota regu masuk kedalam sebuah ruang yang sudah dipersiapkan sebelumnya, dalam ruang itu gantunglah beberapa buah kemasan, misalnya: bawang putih, bawang merah, terasi, jeruk, daun jeruk, dll, (semakin banyak semakn bagus).
Gunakan kemasan yang tidak terlihat oleh mata, setelah itu tiap anggota regu menuliskan benda apa yang dia cium

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nomor dan Kode Surat

MASCOT PRAMUKA

MENGATUR LETAK BENDERA